Selasa, 13 Maret 2012

LIFE IS CHEMISTRY

Add caption
Life is Chemistry... Kehidupan adalah kimia/bahan kimia.

Coba lihat sekitar kita.  Kiri, kanan, atas, bawah, depan, belakang, semuanya adalah bahan kimia.  
Kimia membuat hidup indah dan penuh warna ^^.

Coba lihat di sekelilingmu.  Air, udara, tanah, batu, pohon, bahkan tubuhmu sendiri, tersusun dari materi-materi kimia. 
Kimia membuat dunia menjadi indah dan menyenangkan. Ilmu kimia mempelajari susunan, struktur, sifat, dan perubahan materi serta energi yang menyertainya. 
Adanya susunan, struktur, dan sifat materi yang berbeda-beda maka terbentuklah materi-materi yang berbeda. Seperti air yang tersusun dari unsur hidrogen dan oksigen membentuk senyawa H2O, udara yang merupakan campuran gas nitrogen, oksigen, karbon dioksida, metan, dan gas-gas lainnya, berjenis-jenis batuan dengan warna dan struktur yang unik, dan seterusnya.

Berbagai jenis cairan seperti alkohol dan air, walaupun secara fisik kelihatan sama, tetapi sifatnya berbeda. Air tersusun dari atom-atom hidrogen dan oksigen, sedangkan alkohol tersusun dari atom karbon, hidrogen dan oksigen. Adanya perbedaan susunan unsur pada air dan alkohol menyebabkan adanya perbedaan sifat dari air dan alkohol itu sendiri. Alkohol dapat terbakar,  sedangkan air sebaliknya, dapat memadamkan api.

Hal lain yang menarik  pada ilmu kimia yaitu adanya perubahan materi. Perubahan warna, perubahan temperatur, terbentuknya gelembung gas dan endapan, merupakan ciri terjadinya reaksi kimia.  
Lihatlah, buah-buahan yang menjadi matang dan ranum, daun-daunan yang membusuk, fotosintesis, proses respirasi dan metabolisme di dalam tubuh, adalah bentuk-bentuk reaksi kimia.  Baik yang sederhana, maupun yang rumit prosesnya.

Seiring perkembangan jaman, manusia cenderung menginginkan sesuatu yang dapat mempermudah kehidupannya. Ilmu kimia sangat berperan dalam hal ini. Produk-produk yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti sabun, kosmetik, deterjen, pupuk, cat, tekstil, bumbu masak, obat-obatan merupakan hasil dari penerapan ilmu kimia.

Ilmu kimia pun dapat dimanfaatkan untuk membuat produk baru yang berasal dari bahan alam yang harganya murah dan belum pernah ada sebelumnya di muka bumi. Berbagai produk sintetik, dari mulai plastik sampai ke fiber glass, dari jamu tradisional sampai obat paten, semua dikerjakan dengan kimia.

So, jangan anggap enteng kimia, hehe... Karna tanpa kimia, dunia entah...

Tidak ada komentar: