Sabtu, 11 November 2017

TIPS: TETAP WARAS DENGAN 4 BALITA

#Repost
dari https://www.facebook.com/ismarti.sohieb.9/posts/1629289053761884



Punya 4 balita?

Kebayang gak seh gimana serunya hari-hari Bunda? Jangankan 4, 2 saja mungkin sudah bikin emak-emak naik tensi dan berkurang kadar kewarasan, hehe...

Nah, ini status bukan buat sombong-sombongan atau apalah. Hanya berbagi saja, mungkin ada beberapa tips yang bisa diadopsi atau diadaptasi.
Harapannya sih begitu...


Suatu masa dalam kehidupan saya, pernah mengalami punya 4 balita. Pada saat itu, saya berstatus ibu bekerja, dan suami bekerja full time dari jam 07.00-15.30. Dan kami gak punya ART dengan beberapa alasan...

Walaupun masa ini saya alami hanya beberapa bulan saja, sekitar 4 bulan, namun anak yang baru masuk usia 5 tahun saya rasa gak begitu beda lakunya dengan anak usia balita.

Jadi, lebih kurang 1 tahun itu, saya dan suami berjibaku membangun sinergi untuk tetap menjaga amanah-amanah yang dititipkan ke kami dengan segenap kemampuan kami. (Sekarang juga masih tetap begitu, secara si sulung usianya masih 8 tahunan dan si bungsu menjelang 4 tahun šŸ˜œ).


Capek? Sangat..

Bete? Kadang..
Bosan? Iyya... kadang muncul di tengah-tengah semua rutinitas tersebut. Dari subuh sampai asar, profesi sbg irt. Dari setelah sholat asar sampai jam 9 malam, alih profesi sebagai pekerja.

Nah, berikut ini beberapa kiat yang pernah saya lakukan biar tetap normal dengan kehebohan ngurus 4 balita tanpa art. Monggo disimak...

1. Atur skedul kegiatan sesuai waktu sholat.
Sesuaikan skedul pekerjaan dengan waktu sholat. Usahakan menjelang waktu solat sudah dalam keadaan suci dan tidak sedang mengerjakan sesuatu. Jika masih ada yang dihandle, stop begitu terdengar suara adzan. Termasuk ng-ASI. Komunikasikan dengan anak, dan biasakan.
Alhamdulillah, si bayi dulu itu jam biologisnya normal, dan gak terlalu suka begadang atau rewel malam-malam seperti yg nomer 2. Bangun pagi menjelang adzan subuh adalah hal wajib, karena mesti sholat, belanja ke warung. Then nyiapin segala tetek bengek di dapur, sarapan, bekal buat suami dan anak no.1 yang sudah masuk TK, mandiin si Kakak dan adek-adeknya, de el el.
Suami biasanya bantu mandiin anak-anak dan mbilasin popok yang kena bab nya si bayi sebelum kemudian merendamnya. Tentu saja semua bantuan itu dilakukan beliau setelah tuntas rutinitas paginya (sholat, tilawah dan dzikir).

2. Libatkan anak-anak dalam ibadah kita.
Ketika kondisinya sudah suci, jika terdengan adzan segera sholat. Kunci kamar atau ruang solat dan ajak anak-anak untuk sholat berjamaah termasuk si bayi. Jangan biasakan nunda solat, karena kondisi setelahnya amat sangat tidak bisa diprediksi, hehehe... 
Kalo aku biasanya pas solat, si bayi aku taruh di sampingku, atau kalo tiba-tiba rewel atau apa, aku solat sambil menggendong bayi.
Silakan dititipin, kalo memang ada tempat nitipin. Nih aku berhubung gak ada, niatnya sekalian mendisiplinkan anak-anak dengan waktu solat.

3. Minta doa, support dan bantuan suami.
Doa suami untuk istri insya Allah akan memberi kekuatan ruhiyah bagi istrinya. Usahakan sebelum suami berangkat kerja untuk mencium tangannya dan meminta didoakan agar senantiasa sabar dan mampu menjaga amanahnya pada hari itu. Biasanya, dengan efek doa ini, paling enggak bisa menjaga kewarasan saya hingga tengah hari wkwkwk... Nah, nanti jam dhuhur pas solat kan dicharge lagi tuh...

4. Libatkan si Kakak atau Mas atau abangnya.
Libatkan anak yang lebih besar untuk nemanin bayi ketika ibu terpaksa harus sibuk dengan pekerjaan lain. Pastikan anak tetap dalam pengawasan kita. Sekali-sekali lihat apakah anak-anak aman dan si bayi selalu nyaman.

5.Turunkan standar kebersihan dan kerapian rumah.
Ketika punya balita, standar kerapian rumah bisa diturunkan. Prioritas pada kerapian ruangan ketika Anda punya balita hanya akan membuat ibu stress dan uring-uringan.
Pertanyaannya, Apa suami gak komplen? 
Pernah suami komplen dan saya jawab saja, jika ingin melihat rumah dalam kondisi terbaiknya, silakan pulang ke rumah pada jam 10 teng, 10 menit setelahnya, maka kondisi rumah kembali akan jadi arena eksplorasi anak-anak.
Santaiiii buw... Gak usah pedulikan komentar orang, kalo mereka tidak berkontribusi, hehehe...
Prinsip saya, yang penting rumah harus bebas najis, titik.

6. Biasakan melakukan aktivitas berjamaƔh dengan anak-anak.
Aktivitas berjama'ah bentuknya bisa macam-macam. Misalnya nih, makan berjamaƔh atau mandi berjamaƔh atau tidur berjamaƔh.
Bu ibu pasti paham banget bagaimana kadang anak-anak beralasan kalo diajak makan atau mandi. Nah, biar cepat, bersih dan selesai pada waktunya, ajaklah mereka melakukan hal itu secara berjama'ah.

Makan bareng dengan anak-anak di satu piring. 
Emaknya yang nyuapin anak-anak secara bergantian. Jangan lupa lafalkan doa sebelum makan keras-keras, biar sekalian anaknya ngafalin juga. Buat 3 balita saya hal ini efektif, bahkan sampai hari inipun. Kalo berjamaƔh makannya bisa tambah sampai 6 atau 9 kali. Hebatkan??
Selain itu, piringnya gak banyak kotor dan gak berceceran, karena emaknya yang nyuapin.
Hal penting lainnya adalah, biasakan anak untuk makan sambil duduk.  Yang tidak duduk di tempatnya maka akan dilewati jatah suapannya. 
Buat saya, emak rempong dengan 4 balita (saat itu), nyuapin anak sambil main atau jalan-jalan adalah hal yang kurang baik, karena secara adab tidak dicontohkan dan tidak efisien pada waktunya.

Trus, yang kedua, mandi berjamaĆ”h. 
Ngajak balita mandi kadang susah-susah gampang. Nah, tipsnya, bikin acara mandi jadi seru. Pertama kita mandiin adek bayi dulu dan libatkan abang/kakak/masnya maen air, bantu nyabunin atau nata baju dan popok adek bayi. Setelah selesai mandiin dan masang baju si adek, gantian ketiga kakaknya yang mandi. Ibunya yang mandiin tentunya.. Karena kalo dibiarin mandi sendiri luammmaaa jadinya, dan gak bersih.
Repot? Ya memang! Tapi efisien kan? hehe...

Tidur (siang/malam) berjamaĆ”h. 
Jamnya tidur, ajak semua anak ke kamar. Jelaskan ini waktunya tidur. Balita biasanya jam 1 itu sudah ngantuk karena seharian beraktifitas. Jadi gak mesti nunggu waktu lama buat ngelonin. Nah, sambil si emak nyusui debay, tangan kanan ngelus yang nomor 3, tangan kiri puk-puk yang nomer 2 dan di atas kepala sesekali ngelus yang nomer 1, hehe...
Sebelum tidur, biasakan baca doa mau tidur. 
Kalo di rumah wajib baca ayat kursi, 2 ayat terakhir Al, al-ikhlas, Al-falaq, An-naas, doa mau tidur dan doa perlindungan dari syaiton. Bacanya rame-rame, kencang-kencang gakpapa, biar anaknya pada hafal, hehe..
O, ibunya belum hafal? Bikin contekan boleh kok, gak apa-apa.
Kalo masih ada yang belum tidur juga, lanjut baca surat-surat pendek yang lain by request.

Oya, sebelum tidur siang, jangan lupa kunci pintu pagar, atau pintu depan dan tutup pintu kamar. Jadi kalo ibunya yang ketiduran duluan, anak-anak gak bisa kabur. Wkwkwk..
Tapi kalo dalam kasusku, anak-anak tetap punya trik jitu untuk kabur, hehe. 
Kadang numpuk bantal dekat jendela, atau mengoprek selot pintu kamar dengan memanjat ke pundak anak yang lebih besar, wkwkwk...

7. Libatkan anak-anak dalam beberes dengan trik "lomba".
Anak-anak sebaya usia biasanya suka berlomba. Ajak lomba apa saja, misal lomba pakai baju, lomba nata mobil-mobilan, lomba nata buku, atau lomba lempar bola ke dalam kardus mainan, dst. Yang penting lomba. 
Kasih reward buat pemenangnya dengan memeluk dan menciumnya lebih dulu. Reward tak harus barang-barang yang mahal. Kadang malah gak efektif dan bikin anak cenderung konsumtif.

8. Libatkan suami.
Libatkan juga suami jika memang beberapa pekerjaan harus diselesaikan, sementara ibu sudah ribet dengan bocah-bocah. 
Nah, kabarnya, laki-laki itu kan gak selalu langsung aksi kalo dimintain tolong, jadi ngomongnya mesti to the point.

Kalo aku, minta tolong ke suami dengan 3 cara, tergantung situasinya.
- Kalo situasi kepepet dan suami sedang nggak handle apa-apa, dengan gaya instruksi. Misal nih, si bayi mendadak rewel minta asi, sementara gorengan lele di wajan lagi nanggung, aku cuek saja bilang, "Mas, tolong gantiin goreng lele ya! Bentar lagi mateng".
Biasanya suami langsung siap dengan perlengkapan plus (jaket dan helm, wkwkwk...).

- Kalo situasi kita full kerjaan dan suami lagi gak handle apa-apa, kondisi sama-sama masih fit dan waras wkwkw.. maka minta tolongnya bisa dengan gaya guru TK.
"Mas, mau beramal solih tidak? Mau dapat pahala tambahan tidak? Bantuin ini dong..." (sebutkan bantuan yang diinginkan). Biasanya suami yang sayang istri dan mau dapat pahala akan bantu walaupun mungkin dengan sedikit terpaksa, hiks.

- Kalo situasi kita masih banyak kerjaan, suami lagi gak handle apa-apa, namun badan rasanya sudah butuh rehat dan kerjaan itu harus diselesaikan saat itu juga, maka minta tolongnya dengan gaya nodong (dikiiittt..hehe). 
Misal, "Mas, si dedek rewel nih minta ASI, tapi aku masih belum sempat nyuci piring dan jemur cucian, Mas mau bantuin nyuci piring atau jemur cucian?"
Suami pasti akan pilih salah satu, dan harus konsekuen dengan pilihannya. Lumayan toh, berkurang satu kerjaannya, wkwkwk...

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan seorang ibu dalam mengatasi kerempongan ngadepin balita.
Next time, insya Allah aku tambahin dengan tips-tips yang lainnya (kalo ada waktu).
Semoga bermanfaat.

Sekarsuli, 3@gustus17.

Tidak ada komentar: