Selasa, 24 Juli 2018

TANDEM: Mengapa dan Bagaimana?

Hasil gambar untuk tandem
Sumber: google.com

Disclaimer: Tulisan ini tidak bermaksud menggurui atau melebihkan diri. Hanya sharing, jika kondisi teman-teman kebetulan serupa atau mirip dengan kondisiku, namun punya keinginan untuk tetap menunaikan hak penyusuan anak.

Beberapa waktu lalu, pernah dijapri seorang teman sekelas. Beliau minta tips menyusui tandem.
Nah, berhubung waktu itu lagi safar dari mudik, jadi dipending. Akhirnya terendapkan lama.
Dan karena beberapa alasan harus safar-safar lagi, jadi belum kepegang juga.

Malam ini, tadi, habis ngopi jadi agak belum ngantuk. Kompensasinya, aku mencoba produktif. Mudah-mudahan bisa berbagi manfaat dari pengalaman yang ada.


Setelah kupikir-pikir, ternyata dari 10 tahun perjalanan pernikahan, 8 tahun kehidupan pernikahan di 10 tahun pertama itu kujalani sebagai bumil-busui, hehe. Siklusnya hamil-melahirkan-menyusui-hamil-melahirkan-menyusui-hamil-melahirkan-menyusui-hamil-melahirkan-menyusui, ahaha...

Jadi ceritanya, Aku punya anak di tahun pertama pernikahan. Setelah selesai nifas langsung hamil anak kedua. Setelah si nomer dua lulus ASIX, hamil anak ke-3, dst. Hingga akhirnya di tahun ke-6 punya 4 anak. Produktif banget yak, ahaha...

Maka menjadilah aku dan paksu ortu yang punya 4 balita, haha... dimana masa itu adalah masa yang heboh banget dan penuh keseruan (seru kalo diingat, pas ngejalaninnya sih kadang lelah juga, Mak).
Tapi aku bukan mau cerita tentang itu. Kalau yang itu kan sudah pernah aku tulis.
Silakan baca 
di sini.

Kali ini aku mau sharing tentang tips ngASI-in itu anak-anak yang basusun paku, hehe..

Jujur, anak pertamaku, gak lulus ASIX. Bukan karena anaknya bermasalah. Tapi karena emaknya bodoh dan pasrah. Selain itu, emak juga sudah isi calon debay dan mulai mabok parah hingga bulan ke-6 kehamilan. Jadi, kondisinya lemes dan lemes.

Si Kakak Aya Sholihah, nyusunya males. Tapi emaknya juga gak kelakonan untuk memberikan hak terbaiknya. Jadi, kalo anaknya males, emaknya males-malesan juga. Malah kepikiran buat ngasih sufor di usia sebelum 6 bulannya. Si Kakak ni, ASIX nya cuma sampai 4 bulan-an. Habis itu, dia pernah nyobain sufor yang Alhamdulillah-nya, gak bisa diterima sama perutnya, bahkan dia muntahkan. Habis itu dia ngASI dikombinasi sama air madu. Bener, di usia 5 bulan dia minum madu yang dikocok dengan air zamzam.

Sebulan pertama, kantong si Abi, masih oke dengan beliin air zamzam khusus buat putrinya ngedot. Lama-lama pertahanan jebol, karena selain minumnya kenceng, nih anak pipisnya juga kenceng, hehe. Kebayang dong berapa duit kebuang buat beliin pospak. Sehari dia pake pospak 5-8, kadang lebih. Walo begitu, diladenin juga, namanya juga anak pertama.

Lama-lama, karena anggaran meningkat, gak lagi pake air zamzam buat madunya. Tapi pakai air kemasan bermerk, ehehe... Terus, turun lagi, sampai akhirnya di usia 8 bulan minumnya sama kayak emak-abinya, pakai air galon. 

Unfortunately, saat itu, emak harus berangkat ke Yogya buat belajar.
Jadilah, si kakak ditinggal sama Abi dan bude untuk sementara, sampai kondisi memungkinkan untuk dibawa.


Nah, sekitar 2 minggu setelah si Adek Icad lahir, si Kakak dianter sama bude ke Yogya dan akhirnya kita ngumpul lagi. Awalnya, dia masih setia dengan dot dan madunya. Lama-lama, Ummi merasa bersalah, karena si Kakak ini tidak tertunaikan haknya. Apalagi, saat punya adek, dia usianya baru 13 bulan. Maka, Ummi nawarin dia untuk mimik ASI lagi bareng si Adek. Dia sih kadang mau, kadang enggak. Mungkin sudah ngerasa nyaman dengan madu yang rasanya manis, ketimbang ASI yang rasanya tawar.
Tapi kadang, dia mau juga mimik bareng Adek yang selalu semangat, kalo Ummi ada di rumah. Nempel sama Ummi memang hobinya Adek. Sambil mik ASI maksudnya.

Ceritanya, Ummi kan sekolah. Jadi si Adek kalo ditinggal ke kampus, dibekalin ASIP yang disimpan di icebox . Waktu itu, bener-bener prihatin lah hidup. Benar, belajarnya disubsidi. Tapi uang bulanannya sering telat dan kadang harus nombok dulu, hiks. Nah, selama 6 bulan pertama kehidupan Adek, ya begitulah. Adek ASIX, kakak nebeng ASInya adik, walaupun tidak full.


Qodarulloh, di bulan ke-7 usia Adek Icad, Umminya isi lagi. Gak sadar sih waktu itu. Malah ijin sama Pak Dosen buat mudik ke Palembang. Nge-bis 2 hari-2 malam. Eh tau-tau pulang mudik itu maboknya gak ilang-ilang. Kirain mabok perjalanan, ternyata mabok karena sudah isi 8 minggu, hihi...Tapi alhamdulillah, Adek Icad sudah lulus ASIX, jadi sudah bisa minum yang lain. Dia juga menolak sufor, sama kayak si kakak. Dia sukanya air putih dan jus jambu.

Nah, lepas mabok di trimester pertama, emak tetap nyusuin itu anak berdua. Pikir emak, itu kan memang masih hak mereka. Alhamdulillahnya, walaupun nyusuin tetap lanjut, gak ada efek ikutan seperti kontraksi atau flek seperti pas kehamilan Dek Icad. Jadi, memang aman-aman saja.
Saat itu, emak menyusui tandem sampai masuk usia kehamilan 8 bulan. Sempat stop sebulan hingga melahirkan Dek Umar, karena khawatir kontraksi ikutan plus khawatir juga Dek Umar lahir maju dari ha-pe-el, secara waktu itu hitung-hitungan Emak, kerja lab masih belum rampung.


Ternyata, apa yang dikhawatirkan emak terbukti juga. Hari pertemuan dengan Dek Umar, maju 2 pekan dari perkiraan, dimana saat itu, kerjaan lab sedang di puncaknya. Terpaksa deh, dari Lab pindah ke Rumah Bersalin.

Si Adek Umar ini, bayinya tipe anteng. Kerjanya tidur saja dan malas nyusu kayak si Kakak. Sementara si Ummi orangnya produktif (sudah keliatan dari jumlah dan komposisi anaknya, haha..). Sepanjang hari meringis, karena ASInya gak diminum si baby, bahkan sempat mastitis. Akhirnya si Kakak dan Dek Icad ditawarin buat minum ASI lagi. Bisa ditebak, Dek Icad yang kini sudah jadi Mas Icad, seneng dong. Si Kakak juga mau, tapi miknya pake gelas. 

Karena Dek Umar ini doyan tidur dan sering tersedak, biasanya, emak nawarin PDnya ke Mas Icad dulu. Setelah lunak, baru disusukan ke Dek Umar. Jadi, biasanya, kalo emak nyusui Dek Umar yang males-malesan, PD yang satu lagi ASInya diperah atau ditampung buat si Kakak.
Begitu juga dulu pas Dek Utsman lahir. Rasanya seru-seru sedap gitu, hehe. Tapi, itu kalau di rumah ya.


Nah, masalahnya adalah, Dek Umar lahir di saat kerja lab Ummi belum lagi kelar. Jadi, usia 3 minggu, si Adek ini sudah dibawa ngampus. Terus, mereka bertiga, berempat dengan Abinya nungguin Ummi di mushola atau masjid kampus. Kadang di musholah MIPA, kadang di masjid Mardhiyyah UGM, kadang juga di Maskam. Sementara Ummi kerja di lab, si Adek dibekali ASIP juga, yang perahan pagi. 

Jam break dhuha, Ummi biasanya merah ASI lagi buat diminum Adek di sesi siang. Kan kalo di suhu ruang, ASIP bisa bertahan 6 jam. Sementara kalau break siang, kita ketemuan karena waktu breaknya kan cukup panjang. Bisa sholat, makan dan nyusui.
Nah, kalo Dek Umar gak minta ASI sampai saat Ummi pulang nge-lab, ASIPnya diminum Mas Icad sama Kakak Aya. 
(Ahaha... geli sendiri aku mengingatnya. What a wonderfull moment...:)

Seperti aku sampaikan di awal tulisan ini, ini bukan buat bangga-banggaan atau keren-kerenan ya.
Iyya, mungkin ada yang pro, ada juga yang kontra. Tapi, waktu itu, perasaan bersalah karena kasus anak pertama itu sangat membekas. Cukup sekali dan jangan mengulang kesalahan yang sama pada anak yang lain.
Apalagi, waktu itu, Allah benar-benar baik, mencukupkan ASI buat anak-anak bertiga itu.
Padahal, emaknya bodynya masih seperti yang dulu. Naik signifikan sesuai standard itu cuma pas hamil Irsyad.


Jadi, aku gak menyarankan juga, kalo kalian di posisi yang kebetulan mirip, untuk melakukan hal serupa. Karena, kondisi tiap orang tidak sama.
Kalau aku, dulu itu, alhamdulillah banget disupport sama suami. Habis lahiran Umar itu, aku benar-benar gak pusing urusan dapur, sumur, kasur. Tapi ya mikirin itu, ngASI sama tehSIS, ahaha...


Tapi, kalo mau nyoba juga, ini beberapa tips, biar bisa produktif, insya Allah.

Pertama, niatkan karena Allah, jadi bernilai ibadah.

Kedua, yakin. 

Menyusui itu harus yakin. Yakin dengan pertolongan Allah. Yakin kalo ASInya bakal cukup. Ini akan mempengaruhi sistem syaraf pusat dan menstimulasi produksi ASI. Yakin juga dengan kemampuan Bunda. Gak perlu minder dengan ukuran cup-bra. Produksi ASI tergantung pada ukuran PD, itu mitos. Banyak kok perempuan yang PDnya kecil, tapi ASI buat anaknya tercukupi.

Ketiga, lakukan dengan senang hati, ikhlas. Karena suasana hati ibu akan mempengaruhi produksi ASI. Kalo ibu senang, happy, bahagia, insya Allah ASInya banyak. Kalo ibu stress, sedih, ya ASInya macet, hehe.

Keempat, manfaatkan LDR.
LDR disini bukan Long Distance Relationship yaa, tapi Let Down Refleks. Jadi, busui itu kan kadang, tiba-tiba ASInya ngaliiirrr saja sampai tumpah-tumpah, padahal lagi gak diapa-apain. Itulah LDR. 

Nah, kalo aku ngakalin LDRnya ini pas waktu merah ASI. Aku ngebayangin tengah menyusui sambil memandang wajah anak-anak yang bikin hati sejuk. Daaannn... Currr... itu ASInya bisa tiba-tiba mancur. Kadang sekali merah bisa dapet 2 botol dot loh, hehe. Btw, aku merah pake tangan yah, enggak pake pump. Jaman itu gak kebeli benda-benda begitu. Status mahasiswa subsidi, bener-bener prihatin. 

Kelima, minum air putih hangat atau jus buah sebelum menyusui atau merah ASI. Buatku, ini bisa menambah volume ASI. Habis menyusui atau merah ASI, minum lagi 1-2 gelas plus makan. Laper Mak, habis disedot.

Keenam, mengonsumsi sayur dan buah booster ASI.
Ada banyak sayur dan buah buat boster ASI. Silakan googling dan pilih sesukanya. Kalau dulu, menu harianku sampai si Adek Umar usia hampir 2 bulan adalah sayur bening bayam/katuk, tahu atau tempe goreng, plus marning kalo di rumah. Tahu kan marning? Jagung yang digoreng kering itu. Ibu mertuaku dulu bawain jauh-jauh dari Rembang. Sayang kalo gak dimakan. Padahal, dulu, aku juga belum tahu apa benar marning itu terbukti sebagai booster ASI. 
Nah, kalau pas jajan sendiri di kantin kampus, menunya nasi pecel plus ikan bandeng dan tempe goreng. Minumnya jus jambu, hehe, nyesuaikan kantong mahasiswa.

Ketujuh, menyusui sampai PD benar-benar terasa kosong dan bergantian. Jadi akan segera terisi lagi. Kadang kalo PD penuh, aku kosongin dulu sebelah (diperah), dan yang sebelahnya disusukan ke bayi. Nanti pas menyusui kan akan diproduksi lagi. Nah, yang produksi ketika nyusui, ini bisa buat tandemannya.

Sebagai catatan juga, jika kehamilan bermasalah, sebaiknya tidak menyusui ketika hamil. Untuk hal ini silakan berkonsultasi dengan dokter masing-masing.


Allahu a'lam bisshowab.
Semoga bermanfaat.
Mahallah Asiah UIA, 23/07/18

4 komentar:

desykomala mengatakan...

Jazakillahkhoir buu.. sangat bermanfaat... semoga berkah ilmunya buu... pas banget posisinya sama.. hehe

Ismarti mengatakan...

Aamiin. Waiyyaki Mbak Desy.
Tetap semangat beetugas sebagai ibu generasi

gainesjackie mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
landryracioppi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.